nusakini.com - Anggota Komisi X DPR Dwita Ria Gunadi menilai, provinsi memiliki banyak potensi pariwisata yang luar biasa. Bahkan, potensi itu tidak kalah dengan daerah lain. Namun ia mengakui, pengembangan harus terus dilakukan, bukan hanya tanggung jawab Pemerintah Daerah, namun juga Pemerintah Pusat.

Demikian dikatakannya di sela-sela kunjungan kerja Komisi X DPR ke Provinsi Lampung, usai meninjau Taman Nasional Way Kambas di Lampung Timur, Senin (27/2/2017) lalu. Kunjungan kerja ini dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra (F-Gerindra).

“Saya sudah menyadari sejak lama, Lampung punya banyak potensi pariwisata, seperti Pantai Tanjung Setia, Pantai Gigi Hiu, Pulau Kiluan, Pulau Pahawang, dan potensi lain yang tidak kalah dengan daerah lain,” jelas Dwita seperti dikutip dalam laman dpr.go.id.

Namun politisi F-Gerindra itu menggarisbawahi, berbagai potensi itu harus difokuskan oleh Pemerintah Daerah, dengan didukung oleh Pemerintah Pusat. Ia melihat, tidak semua potensi pariwisata dapat dimaksimalkan sekaligus, namun bertahap.

“Pemerintah Pusat bersama Pemda, harus fokus pada potensi yang akan dikembangkan. Tidak bisa sekaligus beberapa potensi pariwisata digarap secara bersama. Satu per satu. Perbaiki dulu secara keseluruhan untuk infrastruktur. Sehingga perbaikan bisa dimaksimalkan,” jelas Dwita.

Dwita pun yakin, potensi pariwisata Lampung bisa bersaing dengan daerah lain. Bahkan ada beberapa pariwisata yang belum tentu ada di tempat lain, seperti lumba-lumba di Pulau Kiluan, atau pasir timbul di Pantai Sari Ringgung. Keduanya terletak di Kabupaten Pesawaran.

“Sekarang tinggal mengemas agar lebih baik. Ini menjadi tugas Pemda. Nanti Pemerintah Pusat tinggal mempromosikan,” dorong Politisi asal dapil Lampung itu.

Hal senada diungkapkan Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo. Ia memaparkan, daerah yang dipimpinnya memiliki banyak potensi pariwisata. Seperti Pulau Pisang, Pahawang, Kiluan, Taman Nasional Way Kambas, Danau Ranau, hingga Pantai Tanjung Setia.

“Bahkan, di Pantai Tanjung Setia merupakan salah satu lokasi terbaik untuk selancar air. Hal ini pun menarik para wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara untuk berkunjung,” jelas Gubernur Lampung.

Namun di satu sisi, Gubernur Lampung berharap Pemerintah Pusat dapat memberikan dukungan untuk pengembangan potensi pariwisata Lampung. Seperti akses transportasi, hingga penambahan panjang landasan di bandara Pekon Serai, di Pesisir Barat. Sebagaimana diketahui, bandara ini menjadi salah satu akses ke Pantai Tanjung Setia.

“Di sana masih bandara perintis. Runway perlu diperpanjang. Sehingga bisa digunakan untuk penerbangan reguler,” jelas Gubernur Lampung, sembari memastikan pihaknya saat ini sedang menggalakkan sektor pariwisata. (p/mk)